Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak-Anak Melalui Program Metode Iqro Terstruktur Dan Gamifikasi

Authors

  • Siti Miftahus Sa'adah Universitas Alma Ata Yogyakarta Author

Keywords:

Peningkatan, metode terstruktur, gamifikasi

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran anak di Desa XXX melalui metode Iqro' terstruktur yang terintegrasi dengan unsur gamifikasi. Program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 4 tentang pendidikan berkualitas dan bertujuan untuk mempromosikan literasi Islam di masyarakat pedesaan.

Metode –Penelitian ini menggunakan pendekatan Pelatihan Berbasis Gamifikasi yang mencakup permainan interaktif seperti Tangga Hijaiyah dan Petualangan Iqro. Kegiatan ini bertujuan agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Pengumpulan data meliputi penilaian sebelum dan sesudah program, masukan dari orang tua dan guru, serta observasi langsung selama pelaksanaan program.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Quran di kalangan anak-anak, dengan rata-rata peningkatan dari 60% menjadi 85% dalam mengenal dan membaca huruf Hijaiyah. Integrasi gamifikasi juga meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif anak. Orang tua dan guru melaporkan adanya perubahan positif pada sikap anak-anak dan semakin kuatnya semangat belajar membaca Al-Quran di rumah.

Implikasi – Penelitian ini menawarkan model yang efektif untuk peningkatan literasi Al-Quran, yang dapat direplikasi di daerah pedesaan lainnya. Hal ini juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mendukung pendidikan agama melalui pendekatan inovatif.

Orisinalitas – Penelitian ini unik karena menggabungkan metode Iqro' terstruktur dengan gamifikasi untuk mengatasi tantangan dalam pendidikan Alquran untuk anak-anak. Dengan memperkenalkan elemen interaktif dan motivasi, buku ini memberikan perspektif segar dalam meningkatkan literasi Islam sekaligus menumbuhkan lingkungan pembelajaran kolaboratif.

Downloads

Published

23-02-2025

Issue

Section

Artikel