Penerapan Media Konkret untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Proses Pembelajaran
Keywords:
konkret, media, pembelajaranAbstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media konkrit dalam meningkatkan pemahaman konsep abstrak pada pendidikan agama Islam anak usia dini (PAI) di PAUD (pendidikan anak usia dini). Penelitian ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 4 dengan mempromosikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman yang berfokus pada keterlibatan guru dan siswa secara langsung melalui media konkrit seperti alat bantu visual, objek fisik, dan aktivitas interaktif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan workshop terhadap pendidik PAUD dan siswa. Analisis data melibatkan metode kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas dan tantangan penggunaan media konkrit.
Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kreativitas guru dan pemahaman siswa. Para guru menunjukkan peningkatan keterampilan dalam merancang dan memanfaatkan alat bantu pengajaran, sementara siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep seperti kerja sama dan nilai-nilai Islam melalui kegiatan interaktif. Tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan waktu persiapan juga diidentifikasi.
Implikasi – Penelitian ini memberikan wawasan praktis para pendidik dan pengambil kebijakan untuk mengintegrasikan media konkrit ke dalam pendidikan anak usia dini. Hal ini menekankan perlunya pelatihan berkelanjutan dan dukungan sumber daya untuk memastikan keberlanjutan dan penerapan pendekatan ini secara lebih luas.
Orisinalitas – Penelitian ini secara unik menggabungkan konten pendidikan Islam dengan pembelajaran berdasarkan pengalaman melalui media konkrit, mengatasi kesenjangan kritis dalam pendidikan anak usia dini dengan membuat konsep-konsep abstrak lebih mudah diakses dan menarik bagi pelajar muda.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dena Elis Setyawati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.